Ini Dia Kuliner Khas Yogyakarta, Cobain Yuk!

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Siapa sih yang tidak suka liburan sambil wisata kuliner? Kebanyakan orang yang pergi berlibur ke suatu wilayah, pasti tertarik untuk mencoba makanan khas dari daerah tersebut. Misalnya saja di Jogja, ternyata bukan hanya gudeg saja loh masakan khasnya. Namun juga ada kuliner khas Yogyakarta lainnya, yang tentunya tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke kota pelajar ini.

Selain wisata alam yang indah, Jogja juga menyuguhkan berbagai masakan khas yang menarik perhatian. Misalnya saja gudeg yang sudah terkenal sejak zaman dahulu dan hingga saat ini masih menjadi primadona makanan, untuk wisatawan yang mengunjungi Jogja. Rasa nikmat yang khas, menjadikan cita rasa gudeg ini sulit untuk dilupakan. Sehingga siapa saja yang datang ke Jogja pasti ingin mampir untuk makan gudeg.

Bukan hanya wisatawan lokal saja, namun wisatawan mancanegara juga banyak yang mengunjungi Jogja sebagai destinasi liburan. Mulai dari jajaran pantai yang indah, hingga pemandangan Gunung Merapi yang eksotis membuat wisatawan makin terpikat oleh Jogja. Bahkan bagi anda yang suka menantang adrenalin bisa mencoba wisata baru yakni Lava Tour Merapi.

Anda akan diajak berkeliling area Merapi menggunakan mobil jeep terbuka yang tentunya menantang adrenalin. Di sana anda akan melihat keindahan Gunung Merapi serta sisa-sisa material akibat letusan tahun 2010 yang lalu. Sangat mengasyikkan bukan, melihat pemandangan yang eksotis ditemani mobil jeep terbuka. Akan lebih seru lagi jika anda berkunjung bersama teman atau keluarga.

Kuliner khas Yogyakarta, Sumber : sipendik.com
Kuliner khas Yogyakarta, Sumber : sipendik.com

Makanan Khas Jogja

Setelah lelah mengunjungi berbagai destinasi wisata di Jogja, maka hal yang paling tepat untuk dilakukan selanjutnya adalah mengisi perut. Anda dapat memanjakan lidah dan perut anda dengan mencicipi kuliner khas Jogja yang nikmat ini. Apa saja itu? Berikut beberapa daftar makanan khas Jogja yang perlu anda coba saat berlibur ke Yogyakarta.

1. Gudeg

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, gudeg merupakan makanan khas Jogja yang hingga saat ini masih diminati oleh semua kalangan. Dari anak muda hingga orang tua yang berusia lanjutpun juga menyukai makanan yang satu ini. Namun tahukah anda bahwa gudeg terbuat dari buah nangka? Yaps, bahan utama pembuatan gudeg adalah buah nangka yang masih muda.

Kalau orang Jawa sering menyebut nangka muda ini dengan istilah gori. Kemudian nangka muda atau gori ini akan diolah sesuai resep yang memakan waktu berjam-jam lamanya. Nah untuk anda yang pernah bahkan sering makan gudeg pasti tahu kalau gudeg berwarna cokelat ya. Warna cokelat yang di hasilkan gudeg ini ternyata berasal dari daun jati yang diolah secara bersamaan.

Biasanya gudeg akan dinikmati bersamaan dengan beberapa lauk seperti ayam, tahu, telur, hingga sambal kerecek. Hal inilah yang membuat gudeg banyak digemari, karena perpaduan lauk dan rasanya nikmat. Oleh sebab itu jangan lewatkan mencicipi gudeg saat liburan ke Jogja.

Gudeg, Sumber : bristolindonesiansociety.com
Gudeg, Sumber : bristolindonesiansociety.com

2. Bakpia Pathok

Makanan yang satu ini tidak kalah terkenalnya dengan gudeg. Biasanya bakpia pathok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jogja oleh para wisatawan yang berkunjung. Seiring berjalannya waktu, bakpia juga makin berinovasi dengan menambahkan berbagai varian rasa. Misalnya saja varian rasa kacang hijau, cokelat, keju hingga durian. Saat berkunjung ke Jogja, jangan lupa bawakan oleh-oleh ini ya untuk keluarga di rumah.

Bakpia pathok, Sumber : wiratech.co.id
Bakpia pathok, Sumber : wiratech.co.id

3. Sate Klathak

Sate klathak merupakan sate yang bahan utamanya dari daging kambing, kuliner khas Yogyakarta ini berasal dari Pleret, Bantul. Hidangan yang satu ini tidak disajikan menggunakan bumbu kacang ataupun kecap, namun hanya dengan garam, merica, bawang, serta kuah. Kemudian yang membuatnya unik ialah sate klathak ini ditusuk menggunakan batang besi.

Sate klathak, Sumber : jogja.tribunnews.com
Sate klathak, Sumber : jogja.tribunnews.com

4. Jadah Tempe

Nah untuk anda yang ingin mencoba wisata Lava Tour Merapi, bisa nih sekalian mampir mencicipi jadah tempe yang legendaris ini. Jajanan tradisional yang satu ini berasal dari Sleman, lebih tepatnya di daerah Kaliurang lereng Gunung Merapi. Biasanya jadah (ketan) dan tempe bacem dibungkus menggunakan daun pisang, tujuannya agar memudahkan konsumen untuk memakannya.

Jadah tempe, Sumber : jadiberita.com
Jadah tempe, Sumber : jadiberita.com

5. Oseng Mercon

Bagi anda pecinta pedas, maka makanan khas Jogja yang satu ini wajib anda coba. Isian dari oseng mercon ini juga menambah semangat makan loh, terdiri dari daging sapi, koyor sapi, usus, ati ampela, hingga kikil. Tidak lupa juga cabai rawit yang sudah siap membuat lidah anda menikmati sensasi mercon yang pedas nikmat.

Oseng mercon ini akan lebih nikmat bila disantap dengan nasi putih yang hangat. Selain itu jangan lupa menyiapkan kerupuk atau teh hangat untuk menetralisir pedasnya ya. Untuk anda yang tidak suka pedas atau tidak kuat pedas, lebih baik mencoba kuliner Yogyakarta lainnya yang tidak pedas ya.

Oseng mercon, Sumber : travel.tribunnews.com
Oseng mercon, Sumber : travel.tribunnews.com

6. Mie Lethek

Makanan selanjutnya ada mie lethek nih, hidangan yang satu ini berasal dari Srandakan, Bantul. Penamaan mie lethek ini diakibatkan karena mie memiliki warna yang keruh dan kecoklatan. Oleh sebab itu masyarakat sekitar menyebut makanan khas yang satu ini dengan sebutan mie lethek. Walaupun begitu, namun mie lethek ini memiliki rasa yang nikmat loh.

Mie lethek, Sumber : kuliner.hops.id
Mie lethek, Sumber : kuliner.hops.id

7. Yangko

Saat berkunjung ke Jogja, jangan lewatkan untuk mencicipi kue manis yang satu ini ya. Yangko terbuat dari bahan utama tepung ketan, dari segi rasa hampir mirip dengan mochi. Namun tahukah anda, ternyata yangko dulu merupakan makanan yang istimewa loh. Karena termasuk makanan yang mahal, jadi tidak semua orang dapat menikmati makanan manis ini.

Yangko, Sumber : kumparan.com
Yangko, Sumber : kumparan.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kuliner khas Yogyakarta. Jika anda pergi liburan ke Jogja dan wisata Lava Tour Merapi, maka anda dapat menghubungi kontak yang ada di laman website kami untuk memilih paket lava tour yang tersedia. Nikmati liburan anda dan keluarga dengan mengabadikan setiap momen indah.

Leave a Replay

About Me

Wisata touring di Lereng Merapi menggunakan jeep terbuka sekaligus menyaksikan pemandangan yang beragam seperti Gunung Merapi yang berdiri dengan megahnya. Semua hal ini mampu membuat Anda kagum terhadap kebesaran Sang Pencipta.

Recent Posts

Videos

Play Video

Navigation

Ikuti Kami

© Copyright​ 2019 - 2021. All rights reserved​. Lava Tour Merapi Jogja. Design By Amtra Digital.