Backpacker Wajib Baca! Transportasi Saat Liburan di Jogja

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Transportasi di Jogja – Sebagaian besar masyarakat di Indonesia tentu saja sudah paham mengenai istilah backpacker. Pada dasarnya backpacker ini lebih sering ditujukan pada seseorang yang berwisata ke sebuah tempat dengan menggunakan tas punggung. Biasanya para backpacker ini lebih sering mengunjungi tempat wisata atau kota yang memiliki keindahan alam yang menawan.

Salah satu kota atau daerah yang sering dikunjungi oleh para backpacker adalah Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta memang memiliki daya tarik yang kuat untuk menarik wisatawan datang berkunjung ke daerah yang satu ini. Tidak hanya masyarakat dalam negeri, namun masyarakat dari luar negeripun juga tertarik untuk mengunjungi Yogyakarta.

Ada berbagai transportasi di Jogja yang dapat anda gunakan saat pergi liburan ala backpacker ke sana. Terdapat beberapa ciri khas tertentu dari backpacker, salah satunya adalah hemat biaya. Yaps, pergi liburan dengan cara backpacker dianggap lebih hemat biaya ketimbang liburan biasa. Oleh sebab itu, tren liburan ala backpacker sangatlah populer di kalangan anak muda.

Tranportasi hemat di Jogja ala backpacker, Sumber : anekatempatwisata.com
Tranportasi hemat di Jogja ala backpacker, Sumber : anekatempatwisata.com

Prinsip dari seorang backpacker ialah “liburan menyenangkan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya”. Itulah mengapa biasanya backpacker akan memilih transportasi hingga penginapan yang memiliki biaya rendah. Banyak transportasi hingga penginapan yang memiliki biaya murah namun tetap nyaman digunakan pada saat liburan, jadi anda tidak perlu khawatir.

Yogyakarta merupakan salah satu surga wisata bagi para backpacker, alasannya biaya hidup selama di Jogja cukup terjangkau. Anda bisa mencari penginapan dengan biaya murah dan dapat disewa untuk beberapa hari, selama anda liburan di Jogja. Selain itu dari segi biaya makan di Jogja juga banyak sekali yang murah dan rasanya enak, itulah sebabnya banyak yang betah tinggal di Jogja.

Transportasi Hemat di Jogja Ala Backpacker

Ada berbagai pilihan transportasi di Jogja yang dapat anda gunakan pada saat berlibur di kota pelajar ini. Pilihan transportasi ini hanya memerlukan biaya yang murah, dan cocok sekali untuk para backpacker.

1. Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan transportasi paling murah yang dapat anda gunakan saat pergi liburan. Bahkan anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk berjalan kaki mengelilingi derah sekitar penginapan. Paling banyak, orang-orang yang berlibur akan memilih pusat kota sebagai tempat singgah selama liburan. Misalnya saja di daerah Jogja, kebanyakan dari anda akan memilih penginapan disekitar area malioboro.

Selain menghemat biaya, jalan kaki juga berdampak baik bagi kesehatan anda. Jadi walaupun anda liburan untuk santai, namun badan anda akan tetap sehat. Bukan hanya itu saja, dengan berjalan kaki juga akan membantu lingkungan untuk mengurangi polusi udara loh. Apalagi di sekitar Malioboro termasuk area yang ramai pengunjung, jadi akan sedikit susah pula untuk mencari lahan parkir.

Oleh sebab itu, berjalan kaki merupakan alternatif yang perlu anda gunakan pada saat berlibur ke Yogyakarta. Anda bisa mengelilingi area Malioboro dan Keraton Yogyakarta dengan nyaman. Jangan lupa menggunakan alas kaki yang nyaman ya saat jalan kaki, agar kaki tidak sakit karena lecet.

Jalan kaki, Sumber : republika.co.id
Jalan kaki, Sumber : republika.co.id

2. Menyewa Sepeda

Transportasi yang dapat anda pilih berikutnya saat liburan ke Jogja adalah menyewa sepeda. Hampir di setiap hotel atau penginapan, akan ada penyewaan sepeda yang dikhususkan untuk tamu yang menginap di hotel tersebut. Bahkan anda bisa menyewa sepeda tersebut sehari penuh dari pagi hingga malam. Cocok sekali digunakan untuk anda yang tidak kuat jalan kaki dengan jarak terlalu jauh.

Dengan menggunakan sepeda, anda dapat mengunjungi tempat wisata yang memiliki jarak yang sedikit jauh dan tidak dijangkau kendaraan umum. Sepeda dijadikan sebagai pilihan anda yang ini mengeksplorasi kota Yogyakarta lebih dalam lagi. Bila dibandingkan dengan menggunakan mobil, sepeda dapat digunakan untuk menyusuri jalanan yang kecil dan sempit.

Saat anda pergi menggunakan sepeda, mungkin saja anda akan menemukan sesuatu yang baru dan sayang untuk dilewatkan pada saat liburan. Untuk harga sewa sepeda anda tidak perlu khawatir, karena cukup terjangkau untuk kaum backpacker yaitu hanya sekitar Rp 15.000 hingga Rp 25.000 per harinya.

Menyewa sepeda, Sumber : tripzilla.id
Menyewa sepeda, Sumber : tripzilla.id

3. Menggunakan Trans Jogja

Untuk tempat wisata yang letaknya agak jauh dari pusat kota, anda bisa mengandalkan moda transportasi umum yang tersedia di Jogja, yakni Trans Jogja atau bus kota. Dengan menggunakan Trans Jogja, anda dapat berkeliling Jogja dan turun di tempat-tempat wisata menarik lainnya. Misalnya saja seperti Monumen Jogja Kembali, Pura Pakualaman, berbagai area kuliner dalam kota, hingga Candi Prambanan.

Gambar dari trans jogja, Sumber : krjogja.com
Gambar dari trans jogja, Sumber : krjogja.com

4. Menyewa Mobil dan Motor

Apabila anda pergi berlibur ala backpacker, di tempat tujuan tersebut anda akan bertemu backpacker lain. Biasanya diantara backpacker satu dengan yang lainnya akan saling berkenalan, dan akan menjadi teman saat liburan ke daerah tersebut. Dalam hal menyewa motor atau mobil dengan biaya sendiri memang tidaklah murah, bahkan biaya sewanya cukup mahal.

Namun anda bisa menyiasatinya dengan mengajak backpacker lain untuk ikut melakukan perjalanan dengan anda. Sewa mobil tersebut akan terasa murah dengan membagi biaya sewanya dengan backpacker lain yang ikut perjalanan tersebut. Sistem ini biasa disebut dengan shared vehicle, mencari backpacker lain dengan jumlah orang sesuai dengan kapasistas mobil.

Anda bisa menikmati wisata alam yang ada di Jogja menggunakan mobil ini. Misalnya saja pergi ke Lava Tour Merapi, yang berlokasi di wisata Kaliurang. Di sini anda akan di ajak mengelilingi area Gunung Merapi menggunakan mobil jeep yang menantang adrenalin dan pastinya menambah keseruan saat liburan. Untuk detail informasi lava tour merapi, anda dapat menghubungi kontak yang ada di laman website kami.

Ilustrasi menyewa mobil, Sumber : uat.momobil.id
Ilustrasi menyewa mobil, Sumber : uat.momobil.id

5. Hitchhiking

Untuk masyarakat di Indonesia mungkin asing dengan istilah hitchhiking ini. Hitchhiking merupakan istilah yang digunakan untuk menumpang kendaraan yang lewat. Di Indonesia memang jarang menggunakan cara ini, bahkan hampir tidak ada. Namun untuk turis mancanegara, mereka sering melakukan cara hitchhiking ini.

Anda juga bisa melakukan cara ini untuk mendapatkan tumpangan dari orang yang baru dikenal. Nantinya anda bisa membayar orang yang memberikan anda tumpangan tersebut dengan air mineral, atau bisa dengan camilan bahkan secangkir kopi.

Ilustrasi hitchhiking, Sumber : backpackertravel.org
Ilustrasi hitchhiking, Sumber : backpackertravel.org

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai transportasi hemat saat liburan di Jogja ala backpacker. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda yang ingin pergi liburan ala backpacker. Apabila anda tertarik dengan wisata lava tour merapi, anda dapat memilih berbagai paket lava tour yang bisa digunakan untuk mengelilingi Gunung Merapi.

Leave a Replay

About Me

Wisata touring di Lereng Merapi menggunakan jeep terbuka sekaligus menyaksikan pemandangan yang beragam seperti Gunung Merapi yang berdiri dengan megahnya. Semua hal ini mampu membuat Anda kagum terhadap kebesaran Sang Pencipta.

Recent Posts

Videos

Play Video

Navigation

Ikuti Kami

© Copyright​ 2019 - 2021. All rights reserved​. Lava Tour Merapi Jogja. Design By Amtra Digital.