Tips Liburan Saat Pandemi : Informasi Penting!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Liburan Saat Pandemi – Saat ini semua masyarakat di seluruh dunia terkhusus di Indonesia, sudah mulai terbiasa menjalani aktivitas di tengah-tengah pandemi Covid-19. Pandemi tersebut melumpuhkan seluruh aktivitas warga, bahkan melumpuhkan ekonomi dibeberapa negara. Salah satu sektor yang terkena dampak Covid-19 adalah pariwisata. Bukan hanya pemilik usaha yang mengalami kerugian, namun masyarakat yang sudah merencanakan liburan bersamapun harus terhambat karena pandemi ini.

Untuk beberapa waktu yang lalu, perekonomian sudah mulai dibangkitkan kembali dan berangsur-angsur membaik. Kemudian beberapa destinasi wisata sudah mulai dibuka kembali, dengan syarat mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Masih banyak masyarakat yang ingin berlibur, namun masih takut dan khawatir. Anda tidak perlu khawatir lagi jika pergi liburan pada saat musim pandemi. Karena hal yang paling penting dan utama yang harus anda lakukan sebelum dan pada saat liburan, adalah mematuhi protokol kesehatan menurut anjuran pemerintah.

Ada berbagai persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah, untuk anda yang ingin pergi liburan saat pandemi. Salah satu syaratnya adalah membawa hasil test swab dengan keterangan Negatif. Persyaratan tersebut berlaku untuk segala moda transportasi yang berlaku. Namun di setiap daerah tujuan liburan anda, biasanya menerapkan persyaratan yang berbeda-beda tergantung dengan keputusan pemerintah di setiap daerah tersebut.

Liburan saat pandemi, Sumber : tokopedia.com
Liburan saat pandemi, Sumber : tokopedia.com

Tips Liburan Pada Saat Pandemi

Ada hal yang perlu anda persiapkan dan perhatikan ketika akan pergi liburan saat pandemi. Kami telah merangkumkan di bawah ini, apa saja persiapan yang anda butuhkan sebelum berangkat liburan.

1. Memilih Destinasi Wisata Yang Terbuka

Tujuan dari memilih tempat wisata yang sepi dan tidak ramai pengunjung adalah untuk mengikuti anjuran pemerintah, mengenai protol kesehatan salah satunya jaga jarak. Apabila tempat wisata tersebut luas dan tempatnya terbuka, maka anda dan keluarga tidak harus berdesak-desakan dengan orang lain, dan akan merasa aman. Yang perlu dikhawatirkan adalah anda berdesak-desakan di ruangan tertutup dengan orang asing yang ditakutkan membawa virus Covid-19.

Pemilihan destinasi wisata yang tepat untuk liburan anda merupakan hal yang penting. Di sarankan anda memilih destinasi wisata yang terbuka misalnya saja wisata di Lereng Gunung Merapi. Anda dapat menggunakan jasa dari Lava Tour Merapi untuk merasakan sensasi touring di Lereng Merapi menggunakan jeep. Lava Tour Merapi merupakan sebuah wisata dimana anda akan diajak berkeliling untuk menikmati keindahan dan keganasan Gunung Merapi.

Gunung Merapi termasuk dalam kategori gunung teraktif di Indonesia, anda akan mengelilingi area gunung ini menggunakan mobil offroad yang menantang adrenalin. Selain menikmati keindahannya, anda juga akan mengetahui betapa dahsyatnya letusan Gunung Merapi ini pada tahun 2010 silam. Oleh sebab itu, dengan memilih destinasi wisata alam yang terbuka akan membantu mengurangi resiko anda terpapar virus Covid-19.

Wisata alam di Gunung Merapi, Sumber : Lava Tour Merapi
Wisata alam di Gunung Merapi, Sumber : Lava Tour Merapi

2. Memilih Moda Transportasi

Setelah anda menentukan akan pergi berlibur dimana, saatnya anda memilih moda transportasi yang akan anda gunakan untuk pergi ke tujuan liburan tersebut. Salah satu cara untuk mengurangi resiko terpaparnya virus covid-19, disarankan anda berlibur bersama anggota keluarga anda saja. Selain itu lebih baiknya anda menggunakan transportasi pribadi untuk pergi berlibur. Tidak lupa juga untuk melakukan test swab terlebih dahulu untuk mengetahui bahwa anda dan keluarga dalam kondisi yang bebas dari virus Covid-19.

Tujuan dari menggunakan transportasi pribadi, yakni dapat membantu mengurangi risiko anda dan keluarga terkena virus covid-19. Karena anda tidak harus bercampur dengan orang yang tidak anda kenal, tidak seperti ketika anda menggunakan transportasi umum. Selain itu, dengan menggunakan transportasi pribadi anda dapat lebih leluasa dan merasa nyaman. Terlebih apabila anda sering berhenti di rest area atau sebagainya.

Ilustrasi menggunakan transportasi pribadi, Sumber : gardaoto.com
Ilustrasi menggunakan transportasi pribadi, Sumber : gardaoto.com

3. Mempersiapkan Peralatan Pribadi

Pada saat pandemi seperti ini, penting sekali untuk anda membawa peralatan pribadi masing-masing. Tujuannya agar meminimalisir risiko tertularnya virus covid-19 antar keluarga atau yang lainnya. Contohnya saja seperti membawa alat ibadah masing-masing dan tidak memakainya secara bergantian, serta membawa peralatan makan sendiri.

Sehingga ketika anda mampir ke rest area atau warung untuk makan, anda dapat menggunakan peralatan makan yang sudah anda siapkan tadi. Dikarenakan alat makan yang di letakkan di area terbuka dan digunakan secara bergantian oleh orang lain, dapat meningkatkan risiko tertularnya Covid-19. Jadi agar lebih amannya anda dan keluarga membawa alat makan sendiri.

Peralatan pribadi, Sumber : wartaekonomi.co.id
Peralatan pribadi, Sumber : wartaekonomi.co.id

4. Memastikan Kondisi Badan Sehat

Pastikan kondisi anda beserta keluarga yang akan berlibur dalam kondisi yang sehat. Sehingga anda dan keluarga dapat pergi berlibur dengan rasa aman dan nyaman. Namun jika sebelum berangkat ada yang kondisi tubuhnya kurang sehat, sebaiknya anda harus menunda keberangkatan tersebut hingga seluruh anggota yang ikut liburan dinyatakan sehat. Karena Covid-19 akan mudah menyerang tubuh manusia apabila memiliki daya tahan yang lemah dan kurang sehat.

Ilustrasi badan fit, Sumber : fabelio.com
Ilustrasi badan fit, Sumber : fabelio.com

5. Hindari Menyentuh Bagian Muka Sembarangan

Bagian muka atau wajah anda adalah bagian tersensitif yang dapat meningkatkan tertularnya covid-19. Apalagi pada saat anda pergi berlibur dan berhenti di rest area, tangan anda tidak sengaja akan menyentuh benda-benda yang juga disentuh orang lain.

Karena dikhawatirkan bahwa benda tersebut terkontaminasi dengan virus Covid-19. Maka sebaiknya cuci tanganlah sesering mungkin menggunakan sabun dengan air mengalir. Jika tidak memungkinkan mencuci tangan pada saat berada di jalan, maka bawalah handsanitizer atau siapkan tissu yang mengandung handsanitizer.

Ilustrasi penggunaan handsinitizer, Sumber : klikdokter.com
Ilustrasi penggunaan handsinitizer, Sumber : klikdokter.com

6. Selalu Menggunakan Masker

Salah satu hal yang paling penting pada saat liburan di masa pandemi adalah menggunakan masker dimanapun anda berada. Hindari melepas masker walaupun pada saat perjalan. Alasannya karena masker merupakan salah satu cara untuk mencegah penularan virus. Anda dapat melepas masker pada saat makan, namun tetap harus jaga jarak di antara yang lain. Pastikan anda membawa persedian masker tambahan yang cukup pada saat pergi berlibur.

Penggunaan masker, Sumber : insidelombok.id
Penggunaan masker, Sumber : insidelombok.id

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips liburan pada saat pandemi, semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda yang ingin pergi liburan pada saat pandemi. Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar waktu terbaik untuk mendapatkan pemandangan indah saat Lava Tour Merapi atau informasi menarik lainnya dengan mengakses laman website kami.

Leave a Replay

About Me

Wisata touring di Lereng Merapi menggunakan jeep terbuka sekaligus menyaksikan pemandangan yang beragam seperti Gunung Merapi yang berdiri dengan megahnya. Semua hal ini mampu membuat Anda kagum terhadap kebesaran Sang Pencipta.

Recent Posts

Videos

Play Video

Navigation

Ikuti Kami

© Copyright​ 2019 - 2021. All rights reserved​. Lava Tour Merapi Jogja. Design By Amtra Digital.