Lava Tour Merapi, Eksplorasi Keindahan Merapi dengan Menyenangkan

Gunung Merapi adalah gunung berapi yang terbilang sangat aktif di Indonesia. Meski demikian, wisata di area ini selalu ramai di akhir pekan. Sejak beberapa tahun terakhir, wisata di daerah gunung Merapi bagian selatan semakin berkembang. Salah satu daya tarik wisata ini adalah Lava Tour Merapi

Layanan wisata tersebut menawarkan pengalaman wisata yang cukup menantang tapi menyenangkan. Sehingga, liburan Anda di Yogyakarta, khususnya di Gunung Merapi, akan semakin tak terlupakan. 

Apa itu Wisata Lava Tour Merapi?

Lava Tour wisata Gunung Merapi merupakan wisata petualangan yang dilakukan dengan menggunakan mobil jeep terbuka. Saat menggunakan layanan wisata ini, Anda dapat menikmati keindahan alam di sekitar Gunung Merapi dengan cara yang lebih menyenangkan tapi tetap aman.

Layanan ini mulai ditawarkan pada sekitar tahun 2014. Sebelumnya, layanan tour Gunung Merapi sebenarnya sudah ada. Namun, pada saat itu, tour ini hanya dilakukan dengan motor trail. 

Setelah erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010, barulah tour dengan mobil jeep ini ditawarkan. Setiap jeep yang digunakan dalam tour tersebut hanya boleh dinaiki oleh 4 wisatawan. Pembatasan ini dilakukan demi menjaga keselamatan para wisatawan itu sendiri.

Selain melakukan pembatasan jumlah wisatawan dalam satu mobil, pihak pengelola juga melakukan berbagai langkah preventif untuk meningkatkan keamanan layanannya, yaitu mempekerjakan sopir handal dan berpengalaman, menggunakan mobil jeep terawat, dan mengadakan jaminan asuransi.

Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir akan keamanan layanan wisata tersebut. Selain aman, Lava Tour Merapi juga cukup terjangkau dan cocok untuk liburan keluarga ataupun liburan bersama teman dan kolega.

Dimana Layanan ini Berada?

Layanan wisata jeep tour Merapi dimulai dari basecamp. Basecamp ini ada di sisi selatan lereng Gunung Merapi, tepatnya di Kaliadem, desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, D.I. Yogyakarta. Jika diukur dari pusat kota Yogyakarta, basecamp tersebut jaraknya sekitar 35 km dari kota.

Anda dapat menjangkau tempat tersebut dengan berbagai cara, misalnya menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan layanan antar jemput dari lava jeep tour Merapi.

Setelah sampai di basecamp, Anda dapat langsung naik ke mobil jeep dan memulai tour Anda. Selama menikmati tour ini, Anda akan melewati dan singgah di berbagai objek wisata sekitar Gunung Merapi.

Beberapa contoh tempat wisata tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem sejatinya adalah tempat berlindung saat terjadinya erupsi Gunung Merapi. Namun, bangunan ini ternyata tidak dapat menghalau dahsyatnya erupsi Merapi.

Hal ini dibuktikan dengan meninggalnya dua relawan yang berlindung di dalamnya saat erupsi Merapi tahun 2006. Pada erupsi Merapi tahun 2010, bunker Kaliadem juga terkubur abu dan material vulkanik sedalam empat meter.

Meski terkesan kurang fungsional, bangunan yang memiliki atmosfer angker ini menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Mereka biasanya penasaran dengan aura mistis bunker Kaliadem serta ingin melihat keindahan Gunung Merapi dari luar bunker.

  1. Rumah Mbah Maridjan

lava tour merapi

Mbah Maridjan adalah juru kunci Merapi yang menolak dievakuasi saat erupsi 2010. Saat erupsi tersebut terjadi, rumah Mbah Maridjan, yang terletak 4 km dari puncak gunung, dihempas oleh awan panas erupsi Merapi. 

Akibatnya, Mbah Maridjan meninggal dan rumah tersebut rusak. Saat ini, bekas rumah mbah Maridjan telah dijadikan sebagai objek wisata. Di sini, wisatawan dapat melihat sisa benda-benda milik mbah Maridjan dan foto-foto erupsi Merapi.

  1. The Lost World Park

Tempat wisata the Lost World Park dibuat untuk mengenang desa-desa yang hilang akibat erupsi Merapi di tahun 2010. Di tempat ini, Anda akan menemukan pemandangan menarik, wahana bermain, dan spot foto keren.

Apa Saja Paket Tour yang Ditawarkan

Lava Tour Merapi menawarkan beberapa paket tour dengan rute yang berbeda-beda. Apa saja paket tour tersebut?

  1. Short Trip

Paket ini dinamakan short trip karena jarak tempuhnya hanya sekitar 12 km atau sekitar 1 jam perjalanan. Terdapat empat pilihan rute short trip yang dapat dipilih. Setiap trip terdiri melewati 3 tempat wisata.

Objek wisata yang masuk dalam paket ini adalah Museum Mini, the Lost World Park, the Lost World Castle, Rumah Mbah Maridjan, Stonehenge, dan Bunker Kaliadem.

  1. Medium Trip

Paket medium trip memiliki jarak tempuh 15 km dengan durasi sekitar 2 jam. Objek wisata yang dilewati oleh paket trip ini hampir sama dengan paket short trip. Bedanya, di sini ada Manuver Air Kali Kuning yang cukup memacu adrenalin.

Pilihan rute pada paket medium trip ada empat. Tiap rute akan melewati dan singgah di empat objek wisata.

  1. Long Trip

Paket long trip memiliki dua pilihan rute dan tiap rutenya melewati dan singgah di 5 tempat wisata. Jarak tempuh trip ini sekitar 18 km atau 3 jam. Selain menawarkan tempat wisata yang ada pada paket medium trip, long trip juga menawarkan wisata Batu Alien.

  1. Sunrise Trip

Paket sunrise trip cocok bagi Anda yang ingin menikmati matahari terbit di Gunung Merapi. Trip ini memiliki jarak tempuh 12 km dengan durasi sekitar 2,5 jam. Khusus untuk paket ini, trip akan dimulai pada pukul 4.30 WIB dan hanya ada 1 rute yang terdiri dari 3 tempat wisata.

Berapa Biaya Paket Lava Tour Gunung Merapi?

Untuk menikmati paket-paket di atas, Anda diharuskan membayar biaya berikut ini.

  • Harga paket jeep tour Merapi short trip: Rp400.000
  • Harga paket jeep tour Merapi medium trip: Rp500.000
  • Harga paket jeep tour Merapi long trip: Rp600.000
  • Harga paket jeep tour Merapi sunrise trip: Rp500.000

Catatan: Harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu. 

Kapan Jam Buka Layanan Wisata Jeep Tour Merapi?

Basecamp Lava Tour Merapi buka dari pukul 09.00 hingga 18.30 WIB. Sehingga, layanan tour wisata jeep Merapi bisa diasumsikan mulai ditawarkan sejak pukul sembilan pagi hingga sore hari. 

Namun, jam layanan tersebut hanya berlaku untuk paket short, medium, dan long trip. Jika Anda hendak memilih paket sunrise trip, maka Anda harus melakukan booking terlebih dahulu karena jam pelaksanaannya di luar jam operasional.

Mengapa Anda Harus Mencoba Wisata Lava Tour di Gunung Merapi?

Anda harus mencoba wisata Lava Tour di Gunung Merapi karena:

  • Menawarkan pengalaman eksplorasi lereng Gunung Merapi sisi selatan dengan cara yang lebih menantang dan menyenangkan.
  • Aman dan dijamin asuransi.
  • Memungkinkan Anda menikmati pemandangan indah di puncak Gunung Merapi.

Bagaimana Cara Booking Paket Lava Tour di Gunung Merapi?

Jika Anda tertarik untuk menikmati tour Merapi menggunakan jeep, Anda sebaiknya booking layanan wisata ini beberapa hari sebelum hari H. Yang perlu Anda lakukan untuk booking paket tour Merapi adalah mengunjungi website lavatourmerapijogja.com.

Setelah masuk ke website tersebut, Anda akan menemukan tombol chat WA dan formulir booking. Pilih salah satu dari keduanya untuk booking paket tour Merapi pilihan Anda.

Lava Tour Merapi adalah layanan wisata yang menawarkan petualangan dalam mengeksplorasi keindahan gunung Merapi. Melalui tour ini, Anda juga dapat singgah ke beberapa tempat wisata sekitar gunung tersebut. Tour ini dijamin aman dan akan membuat liburan Anda semakin tak terlupakan.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a Replay

About Me

Wisata touring di Lereng Merapi menggunakan jeep terbuka sekaligus menyaksikan pemandangan yang beragam seperti Gunung Merapi yang berdiri dengan megahnya. Semua hal ini mampu membuat Anda kagum terhadap kebesaran Sang Pencipta.

Recent Posts

Videos

Navigation

Ikuti Kami

© Copyright​ 2019 - 2021. All rights reserved​. Lava Tour Merapi Jogja. Design By Amtra Digital.