Destinasi Wisata Alam Jogja : Wajib Dikunjungi

Indonesia terkenal dengan wisata alamnya yang membuat banyak wisatawan datang mengunjungi berbagai daerah tersebut untuk berlibur. Tidak hanya turis dalam negeri, namun turis mancanegarapun banyak yang pergi berlibur ke Indonesia. Tujuannya untuk menikmati indahnya pemandangan alam di negeri tercinta ini. Salah satu daerah yang banyak di kunjungi wisatawan lokal maupun asing adalah Daerah Istimewa Yogyakarta. Ketika anda berkunjung ke Jogja untuk berlibur, maka ada beberapa destinasi wisata alam Jogja yang wajib anda kunjungi.

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki 4 kabupaten dan 1 kota, diantaranya ialah Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Kulon Progo, dan Kota Yogyakarta. Yang di setiap kabupaten maupun kota tersebut memiliki potensi wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Pergi berlibur ke wisata alam menjadi pilihan yang paling populer saat ini untuk melepas penat. Menikmati udara yang segar ditemani dengan pemandangan yang indah merupakan hal yang paling membahagiakan.

Rekomendasi wisata alam di Jogja, Sumber : bola.net
Rekomendasi wisata alam di Jogja, Sumber : bola.net

Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Jogja

Ada berbagai destinasi wisata alam Jogja yang wajib anda kunjungi saat berlibur ke kota pelajar ini. Mulai dari pantai hingga gunung, yang memberikan pemandangan indah dan sayang untuk dilewatkan. Oleh sebab itu kami telah merangkumkan untuk anda rekomendasi tempat wisata alam di Jogja, sebagai berikut.

1. Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi merupakan sebuah wisata dimana anda akan diajak berkeliling untuk menikmati keindahan dan keganasan Gunung Merapi. Gunung Merapi ini dikategorikan sebagai gunung teraktif di Indonesia, anda akan mengelilingi area gunung ini menggunakan mobil offroad yang menantang adrenalin. Selain menikmati keindahan alamnya, anda juga akan mengetahui betapa dahsyat dan mengerikannya letusan Gunung Merapi pada tahun 2010 yang lalu.

Kawasan tersebut merupakan saksi bisu atas keganasan letusan gunung ini, yang banyak menelan nyawa dan barang berharga. Anda juga dapat mengunjungi ke rumah mbah maridjan, yang pada masa itu adalah juru kunci merapi yang tersapu awan panas. Selain itu anda juga bisa menjelajahi aliran lava merapi menggunakan jeep serta bunker kali adem serta masih banyak yang lainnya.

Lokasi Lava Tour Merapi : Berada di kawasan wisata Kaliurang, Yogyakarta

Lava tour merapi Jogja, Sumber : lavatourmerapijogja.com
Lava tour merapi Jogja, Sumber : lavatourmerapijogja.com

2. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk pasir merupakan salah satu bentang alam yang proses pembentukannya dipengaruhi oleh angin, dan terbentuk karena pasir yang menumpuk dalam jumlah yang besar. Gundukan pasir tersebut berasal dari hasil erupsi Gunung Merapi yang endapannya dibawa oleh sungai-sungai yang bermuara di Pantai Selatan. Sungai tersebut antara lain yaitu Sungai Opak dan Sungai Progo. Setelah terendap di pinggir pantai, barulah angin dari Samudra Hindia mengukir tumpukan pasir tersebut dan menjadikannya bentang alam yang unik.

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo : Jl. Pantai Parangkusumo, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772.

Gumuk pasir parangkusumo, Sumber : visitingjogja.com
Gumuk pasir parangkusumo, Sumber : visitingjogja.com

3. Bukit Pengilon

Kawasan Bukit Pengilon ini sangat menyejukkan mata dengan pemandangan hamparan laut yang sangat luas. Bahkan saking luasnya destinasi wisata ini, banyak wisatawan yang melakukan tracking hingga camping dan mendirikan tenda di kawasan Bukit Pengilon. Tidak hanya itu saja, wisata yang satu ini juga dapat merilekskan pikiran anda dan membantu memberikan ketenangan. Karena anda dapat melihat indahnya laut Selatan yang berwarna biru disertai dengan sejuknya tiupan angin.

Lokasi Bukit Pengilon : Area Hutan, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883.

Bukit Pengilon Jogja, Sumber : wisatainfo.com
Bukit Pengilon Jogja, Sumber : wisatainfo.com

4. Kalisuci Cave Tubing

Saat mengunjungi Kalisuci Cave Tubing ini, anda dapat merasakan derasnya arus sungai, sekaligus melintasi goa Kalisuci yang dikeliling oleh alam hijau yang indah. Anda tidak perlu takut dan khawatir ketika mengikuti kegiatan ini, karena anda akan di dampingi oleh petugas yang profesional. Selain itu anda juga akan dilengkapi dengan helm, jaket pelampung, pelindung lutut dan kaki, yang akan membuat anda merasa lebih aman dan nyaman.

Untuk menikmati petualangan outdoor ini, anda disarankan untuk membawa rombongan dengan minimal berjumlah 5 orang. Mengapa demikian? Karena akan lebih menghemat cukup biaya. Namun jika jumlah rombongan anda kurang dari 5 orang juga tidak akan menjadi masalah, tetapi anda harus mempersiapkan uang lebih untuk biaya tambahan yang akan anda keluarkan nantinya.

Lokasi Kalisuci Cave Tubing : Jetis wetan, RT.001/RW.001, Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893.

Kalisuci Cave Tubing, Sumber : jogjakita.co.id
Kalisuci Cave Tubing, Sumber : jogjakita.co.id

5. Pantai Jogan

Pantai Jogan merupakan salah satu pantai yang menempati posisi istimewa, karena dilengkapi dengan keberadaan air terjun yang langsung jatuh dari atas tebing ke bibir laut. Pemandangan tersebut merupakan pemandangan yang langka dan tersembunyi di balik perbukitan kapur kawasan Gunung Sewu. Berjarak sekitar dua jam dari Kota Jogja, Pantai Jogan ini belum banyak didatangi oleh wisatawan. Alasannya karena akses menuju pantai ini lumayan sulit, anda harus berjalan kaki sejauh beberapa ratus meter terlebih dahulu untuk mencapai pantai ini.

Lokasi Pantai Jogan : Dusun Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Jogan, Sumber : campatour.com
Pantai Jogan, Sumber : campatour.com

6. Goa Jomblang

Goa Jomblang terkenal dengan keunikan serta keindahan yang tidak terelakkan. Tempat wisata ini memiliki mulut gua yang berbentuk vertikal dengan jarak antara bibir gua dengan dasarnya bervariasi. Jarak paling dalam sekitar 80 m, untuk memasuki Gua Jomblang ini diperlukan kemampuan dengan teknik tali tunggal atau single rope technique (SRT). Apabila anda ingin mengunjungi goa ini, disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu. Dikarenakan lokasi yang cukup sulit untuk dijangkau, maka jumlah pengunjungnyapun juga dibatasi.

Lokasi Goa Jomblang : Jetis, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893.

Goa Jomblang, Sumber : indonesiatraveler.id
Goa Jomblang, Sumber : indonesiatraveler.id

7. Tebing Breksi

Destinasi wisata alam di Jogja selanjutnya adalah Tebing Breksi. Tebing Breksi sangat digemari oleh para wisatawan yang memiliki hobi fotografi. Pemandangan disekitar tebing ini juga menampilkan keindah yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Dengan adanya tebing batu kapur yang menjulang tinggi ini, membuat kawasan ini memiliki kesan unik tersendiri.

Lokasi Tebing Breksi : Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572.

Tebing Breksi, Sumber : piknikasik.com
Tebing Breksi, Sumber : piknikasik.com

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai rekomendasi tempat wisata alam Jogja. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda yang ingin menikmati wisata alam di Yogyakarta. Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar tips liburan saat pandemi atau informasi menarik lainnya dengan mengakses laman website kami.

Leave a Replay

About Me

Wisata touring di Lereng Merapi menggunakan jeep terbuka sekaligus menyaksikan pemandangan yang beragam seperti Gunung Merapi yang berdiri dengan megahnya. Semua hal ini mampu membuat Anda kagum terhadap kebesaran Sang Pencipta.

Recent Posts

Videos

Play Video

Navigation

Ikuti Kami

© Copyright​ 2019 - 2021. All rights reserved​. Lava Tour Merapi Jogja. Design By Amtra Digital.